Rabu, 03 Desember 2014

Tentang Gutta-Percha, Getah Ajaib 'Tjipetir' yang Jadi Primadona Eropa


Selain bola golf, getah itu juga digunakan untuk aksesoris, pelapis kabel bawah laut, hingga obat-obatan. Khusus di dunia medis, getah ini biasa dipakai untuk mengobati luka, dan beberapa penyakit lain seperti cacar dan lainnya.

Khusus untuk pohon perca, memiliki ciri-ciri sebagai berikut: 

- Tinggi pohon bisa sampai 30 meter dan diameter 0,5 meter.
- Berbatang tegak dengan warna merah kecoklat-coklatan
- Pepagannya berwarna kuning sampai merah dan bergetah putih.
- Berdaun tunggal dengan bentuk bundar telur sungsang sampai jorong.
- Bunga mengelopak pada ketiak daun.
- Tumbuh di hutan tanah rendah dengan ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Dedi Suhendra, seorang anggota komunitas Sukabumi Heritage menyebut, karet perca dikenal masyarakat Cipetir dengan nama 'karet oblong'. Bersama komunitas Sukabumi Backpaker, dia pernah melakukan kunjungan ke pabrik itu pada 19 September 2014 lalu.

Pabrik getah karet Cipetir terkenal karena getah perca. Namanya mendunia karena dibawa oleh Belanda saat zaman penjajahan di awal abad ke-20 lalu. 

Nama Tjipetir menjadi perbincangan karena ditemukan blok karet itu di beberapa pantai Eropa. Setelah ditelusuri, seorang wanita asal Inggris Tracey Williams kemudian menemukan fakta bahwa benda berukuran tablet komputer itu datang dari Sukabumi, Jawa Barat.

http://news.detik.com/read/2014/12/03/135255/2766538/10/produk-cipetir-berkelas-dunia-bisa-untuk-bola-golf-hingga-ban-mobil-f1?nd771104bcj

Tidak ada komentar:

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget