Sangat penting untuk diketahui berikut adalah
informasi terbaru infokemendikbud.com tentang 10 metode terbaru mengajar
kurikulum 2013 atau kurikulum nasional.
1. EXAMPLES NON EXAMPLES Contoh dapat dari
kasus/gambar yang relevan dengan KD Langkah-langkah :
Ø Guru
mempersiapkan gambar-gambar sesuai dengan tujuan pembelajaran
Ø Guru
menempelkan gambar di papan atau ditayangkan melalui LCD Proyektor
Ø Guru
memberi petunjuk dan memberi kesempatan pada siswa untuk
memperhatikan/menganalisa gambar
Ø Melalui
diskusi kelompok 2-3 orang siswa, hasil diskusi dari analisa gambar tersebut
dicatat pada kertas
Ø Tiap
kelompok diberi kesempatan membacakan hasil diskusinya
Ø Mulai
dari komentar/hasil diskusi siswa, guru mulai menjelaskan materi sesuai tujuan
yang ingin dicapai
Ø Kesimpulan
2. PICTURE AND
PICTURE Langkah-langkah :
Ø Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Ø Menyajikan
materi sebagai pengantar
Ø Guru
menunjukkan/memperlihatkan gambar-gambar kegiatan berkaitan dengan materi
Ø Guru
menunjuk/memanggil siswa secara bergantian memasang/mengurutkan gambar-gambar
menjadi urutan yang logis
Ø Guru
menanyakan alasan/dasar pemikiran urutan gambar tersebut
Ø Dari
alasan/urutan gambar tersebut guru memulai menamkan konsep/materi sesuai dengan
kompetensi yang ingin dicapai
Ø Kesimpulan/rangkuman
3. NUMBERED HEADS TOGETHER Langkah-langkah :
Ø Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
Ø Guru
memberikan tugas dan masing-masing kelompok mengerjakannya
Ø Kelompok
mendiskusikan jawaban yang benar dan memastikan tiap anggota kelompok dapat
mengerjakannya/mengetahui jawabannya
Ø Guru
memanggil salah satu nomor siswa dengan nomor yang dipanggil melaporkan hasil
kerjasama mereka
Ø Tanggapan
dari teman yang lain, kemudian guru menunjuk nomor yang lain
Ø Kesimpulan
4. COOPERATIVE
SCRIPT Langkah-langkah :
Ø Guru
membagi siswa untuk berpasangan
Ø Guru
membagikan wacana/materi tiap siswa untuk dibaca dan membuat ringkasan
Ø Guru
dan siswa menetapkan siapa yang pertama berperan sebagai pembicara dan siapa
yang berperan sebagai pendengar
Ø Pembicara
membacakan ringkasannya selengkap mungkin, dengan memasukkan ide-ide pokok
dalam ringkasannya. Sementara pendengar : -
Menyimak/mengoreksi/menunjukkan ide-ide pokok yang kurang lengkap - Membantu mengingat/menghafal ide-ide pokok
dengan menghubungkan materi sebelumnya atau dengan materi lainnya
Ø Bertukar
peran, semula sebagai pembicara ditukar menjadi pendengar dan sebaliknya. Serta
lakukan seperti diatas.
Ø Kesimpulan
Siswa bersama-sama dengan Guru
5. KEPALA
BERNOMOR STRUKTUR (Modifikasi Dari
Number Heads) Langkah-langkah :
Ø Siswa
dibagi dalam kelompok, setiap siswa dalam setiap kelompok mendapat nomor
Ø Penugasan
diberikan kepada setiap siswa berdasarkan nomorkan terhadap tugas yang
berangkai Misalnya : siswa nomor satu bertugas mencatat soal. Siswa nomor dua
mengerjakan soal dan siswa nomor tiga melaporkan hasil pekerjaan dan seterusnya
Ø Jika
perlu, guru bisa menyuruh kerja sama antar kelompok. Siswa disuruh keluar dari
kelompoknya dan bergabung bersama beberapa siswa bernomor sama dari kelompok
lain. Dalam kesempatan ini siswa dengan tugas yang sama bisa saling membantu
atau mencocokkan hasil kerja sama mereka
Ø Laporkan
hasil dan tanggapan dari kelompok yang lain
Ø Kesimpulan
6. STUDENT TEAMS-ACHIEVEMENT DIVISIONS (STAD) Langkah-langkah
:
Ø Membentuk
kelompok yang anggotanya = 4 orang secara heterogen (campuran menurut prestasi,
jenis kelamin, suku, dll)
Ø Guru
menyajikan pelajaran
Ø Guru
memberi tugas kepada kelompok untuk dikerjakan oleh anggota-anggota kelompok.
Anggota yang tahu menjelaskan pada anggota lainnya sampai semua anggota dalam
kelompok itu mengerti.
Ø Guru
memberi kuis/pertanyaan kepada seluruh siswa. Pada saat menjawab kuis tidak
boleh saling membantu
Ø Memberi
evaluasi
Ø Kesimpulan
7. JIGSAW
(MODEL TIM AHLI) Langkah-langkah :
Ø Siswa
dikelompokkan ke dalam = 4 anggota tim
Ø Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang berbeda
Ø Tiap
orang dalam tim diberi bagian materi yang ditugaskan
Ø Anggota
dari tim yang berbeda yang telah mempelajari bagian/sub bab yang sama bertemu
dalam kelompok baru (kelompok ahli) untuk mendiskusikan sub bab mereka
Ø Setelah
selesai diskusi sebagai tim ahli tiap anggota kembali ke kelompok asal dan
bergantian mengajar teman satu tim mereka tentang sub bab yang mereka kuasai
dan tiap anggota lainnya mendengarkan dengan sungguh-sungguh
Ø Tiap
tim ahli mempresentasikan hasil diskusi
Ø Guru
memberi evaluasi
Ø Penutup
8. PROBLEM BASED INTRODUCTION (PBI) (Pembelajaran
Berdasarkan Masalah) Langkah-langkah :
Ø Guru
menjelaskan tujuan pembelajaran. Menjelaskan logistik yang dibutuhkan.
Memotivasi siswa terlibat dalam aktivitas pemecahan masalah yang dipilih.
Ø Guru
membantu siswa mendefinisikan dan mengorganisasikan tugas belajar yang
berhubungan dengan masalah tersebut (menetapkan topik, tugas, jadwal, dll.)
Ø Guru
mendorong siswa untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, eksperimen untuk
mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah, pengumpulan data, hipotesis,
pemecahan masalah.
Ø Guru
membantu siswa dalam merencanakan menyiapkan karya yang sesuai seperti laporan
dan membantu mereka berbagi tugas dengan temannya
Ø Guru
membantu siswa untuk melakukan refleksi atau evaluasi terhadap penyelidikan
mereka dan proses-proses yang mereka gunakan
9. ARTIKULASI
Langkah-langkah :
Ø Menyampaikan
tujuan pembelajaran yang ingin dicapai
Ø Guru
menyajikan materi sebagaimana biasa
Ø Untuk
mengetahui daya serap siswa, bentuklah kelompok berpasangan dua orang
Ø Suruhlan
seorang dari pasangan itu menceritakan materi yang baru diterima dari guru dan
pasangannya mendengar sambil membuat catatan-catatan kecil, kemudian berganti peran.
Begitu juga kelompok lainnya
Ø Suruh
siswa secara bergiliran/diacak menyampaikan hasil wawancaranya dengan teman
pasangannya. Sampai sebagian siswa sudah menyampaikan hasil wawancaranya
Ø Guru
mengulangi/menjelaskan kembali materi yang sekiranya belum dipahami siswa
Ø Kesimpulan/penutup
10. MIND MAPPING Langkah-langkah :
Ø Guru
menyampaikan kompetensi yang ingin dicapai
Ø Guru
mengemukakan konsep/permasalahan yang akan ditanggapi oleh siswa/sebaiknya
permasalahan yang mempunyai alternatif jawaban
Ø Membentuk
kelompok yang anggotanya 2-3 orang
Ø Tiap
kelompok menginventarisasi/mencatat alternatif jawaban hasil diskusi
Ø Tiap
kelompok (atau diacak kelompok tertentu) membaca hasil diskusinya dan guru
mencatat di papan dan mengelompokkan sesuai kebutuhan guru
Ø Dari
data-data di papan siswa diminta membuat kesimpulan atau guru memberi bandingan
sesuai konsep yang disediakan guru.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar