Rabu, 21 November 2012

Sejarah Sukabumi

Ieu carita lumangsung kira-kira dina jaman runtagna Pajajaran, nya éta nalika Pajajaran diserang ku Cirebon, Demak jeung Banten. Harita Sukabumi tacan katelah Sukabumi. Ieu tempat ayana di tutugan Gunung Gedé jeung Gunung Salak nu katelahna “Papanah Awatan Pagadungan”, nu aya dina pangawasa Pajajaran Tengah, wewengkon Bogor. 
Mangsa Pajajaran digempur ku Cirebon, Demak, jeung Banten, daérah Pagadungan ogé teu luput diserang. Puseur Kabupatén Pagadungan ieu kira-kira ayana di daérah Gunung Walat (daérah Cibadak), baheula katelahna “Kadatuan” atawa “Kabupatian” Pamingkis. Nu jadi bupati atawa datu dina mangsa harita nya éta: Ki Ranggah Bitung, sarta bojona Nyi Radén Puntang Mayang. Kadatuan Ranggah Bitung diserang jeung diduruk ku musuh, nepi ka ludes. Ranggah Bitung perlaya nalika perang ngalawan musuh nepi ka pangimeutan; harita Nyi Radén Puntang Mayang keur kakandungan. Pikeun nyalametkeun Nyai Radén Puntang Mayang, jaro (lurah) Kadatuan nu ngarana Ki Loa Kutud jeung istrina, Nini Tumpay Ranggeuy Ringsang, mawa Nyai Radén Puntang Mayang ngungsi mimiti ka Gunung Bongkok, nu ayana di daérah Cibadak. Didinya meunang katerangan ti Tutung Windu, yén Radén Puntang Mayang kudu di bawa ka Gunung Sunda, nu ayana di daérah Palabuhanratu. Dumasar kana pituduh Resi Tutug Windu, Nyai Radén Puntang Mayang dibawa ku Ki Jaro. Di tengah lalampahan, kabeneran Ki Jaro panggih jeung saurang budak lalaki nu umurna 6-7 taun. Ditanya timana asalna. Tapi éta budak teu daék nyarita. Teu lila budak téh, yén manehna geus aya di ieu leuweung sabab aya nu mawa nalika kampungna diduruk musuh. Ki Jaro miboga kayakinan, yén ieu budak lain budak samanéa. Satuluyna ieu budak dibawa ngungsi babarengan. Harita Gunung Sunda masih kénéh leuweung geledegan. Di pangungsian di Gungung Sunda, Ki Jaro ngurus jeung nalingakeun Nyai Radén Puntang Mayang. Nepi ka mangsana Nyai Radén Mayang Puntang ngababarkeun budak awéwé, nu geus gedéna dibéré ngaran Nyai Arum Pundak Saloyang atawa numutkeun versi Sumberwangi nu katelahna Nyai Radén Pundak Arum. (pudak= kembang jaksi; Arum = deungit; pudak arum=kembang jaksi nu seungit). Budak anu harita meunang panggih di jalan ogé sarua di urus ku Ki Jaro dipikanyaah sakumaha mistina. Sanggeusna gedé éta budak lalaki dibéré ngaran Wangsa Suta. Kusabab Nyai Arum Pudak Saloyang jeung Wangsa Suta hirup jeung digedékeun di tempat anu sarua, atukna aya rasa nu tumuwuh antara duanana. Cindekna ieu jajaka jeung wanoja meungkeut tali asih. Sok sanajan tali asih geus dibeungkeut jeung Nyai Pudak Saloyang, Wangsa Suta miboga kahayang pikeun nyuprih pangarti heula. Sanggeusna meunang ijin ti Ki Jaro, Wangsa Suta miang leuleuweungan. Lalampahan Wangsa Suta ka béh kiduleun Gunung, deukeut daérah Cikembar. Didinya Wangsa Suta panggih jeung saurang Resi, ngarana Saradéa. Sanggeusna ditarima jadi murid. Wangsa Suta diajarkeun élmu pangaweruh, élmu kasaktén, élmu bangunan, élmu perang, jsb. Resi Saradéa talatah ka Wangsa Suta, yén saméméh Wangsa Suta kawin jeung Nyai Pudak Saloyang, manéhna kudu nyieun heula lembur. Éta lembur ayana di tempat nu aya tangkal kiara kembar, nya éta ayana di Gunung Parang. Mimitina ngabuka leuweung nya éta kudu ditempat paku jajar ngadahan lima, tempatna déngdék ka béh kidul, di tegal kolé nu dauna wungu jeung rupa kembangna héjo. Sanggeuna éta témpat kapanggih tuluy wangsa Suta muka lahan pilembureun atawa ngababakan di tempat tegal kolé. .......................nyambung................nuturkeun Teh Yuni.......... perkawis "dimanakah Gunung Parang yang asli batas-batasnya?" Berdasakan penelitian tahap wawancara. Gunung Parang titik awalnya dari pasir Galatik (kerkof alias kuburan belanda)dan berujung di Gunung Puyuh. • Dimulai Jalan Baros (kelurahan Gedong Panjang) sampai Jalan Gudang (Kp Cikiray, kelurahan Kebonjati). itu adalah "perah" atau membentuk perah parang. • Sedangkan dari Cikiray sampai Gunung Puyuh itu adalah "Bilah Parang" atau seperti membentuk bilah parang. Munkgin ada beberapa cara untuk membuktikannya. • Jika kita naik ke puncak Gunung Arca, maka akan terlihat perbukitan yang melingkar seperti Parang. Mungkin sekarang akan sulit, berkaitan dengan banyaknya bangunan. • Telusuri jalan dari Jl. Baros (Gedongpanjang) – Jl Gudang – R Syamsudin – Jl Suryakencana – Jl Bhayangkara hingga Gunungpuyuh. Kenapa dan mengapa masyarakat Sunda dahulu menamainya Gunungparang. Kenapa memakai kata Gunung, tidak pasir atau tegal. Kenapa parang, tidak arit atau cerulit? Gunungparang berasal dari dua suku kata “Gunung” dan “Parang” • Gunung adalah tumpukan tanah yang ditumbuhi oleh berbagai macam pepohonan. • Parang adalah alat bertani masyarakat Sunda. Gunung Sebuah nama tempat yang awalnya menggunakan kata gunung memiliki arti besar dalam masyarakat Sunda dulu. hal ini tidak terlepas dari dan dengan kepercaan masyarakat Sunda. Seperti yang di ungkapkan Haji Hasan Mustapa dina Ajip Rosidi (1989: 361) Urang Sunda ngukuhan pisan kana babasan (cacandran), sakumaha ditétélakeun yén. “Ngaran tempat-tempat wahangan-wahangan néangan sabab anu gampang tina tatangkalan atawa tina kapercayaan, saperti: Ciawi, Citamiang, Cimindi, Cihampelas. Pangkuatna lamun ngaran tangkal anu aya di sirah cai tina kapercayaan, saperti: Citarum, Ciguriang sakur anu jadi patilasan pantun. Kitu deui pasir-pasir gunung-gunung, legok-legok, lalandihanana numutkeun rupa atawa patilasan dongéng-dongéng, terkadang sabab aya tangkal anu kongas, saperti Pasir Ipis, Pasir Halang, Gunung Parahu, Gunung Malabar. Réa kampung anu nelah ku tatangkalan, saperti Kelapa Dua, Selajambé, Selacau, Bojongloa, Dangdeur, Baros, Caringin, Kiara euyeuh, Kiara condong, Kiarapayung. Naék deui panglandi ku ngaran ti nu boga kana sato kumaha ngeunahna, saperti hayam adu: Si Uler, Si Éngang. Domba adu, kuda adu, sagala nu dipiara sapi munding sok dilandi nu tangtu. Terkadang bubuahan, pakarangan, situ, sawah, sok dilandi meunang anu boga”. Sedangkan T. Bahtiar (2007:1) “Ngaran géografi samodél ngaran wahangan, tegal, gunung, lebak, pulo, teluk, sagara, selat, desa/tempat, jst. Hal éta miboga tujuan pikeun méré udagan sarta pikeun lumangsungna komunikasi disabudereun masarakat. Ngaran wewengkon méré hiji cicirén kana lalampahan hirup masarakatna sarta lumangsungna sajarah di éta patempatan.” Jacub Rais Guru besar Emeritus ITB, nétélakeun yén. “Nalika manusa gubrag ka alam dunya, properti anu munggaran dibéré ku kolotna, nya éta “ngaran diri” (antroponim), sabab ngaliwatan ieu ngaran, mimiti kawangun hiji paguneman anu ngaruntuy antara anak jeung kolotna. Properti ka dua anu satuluyna nyantél kana antroponim nya éta “tempat gumelar” (toponim)“ (Sumber : Agung. Asal usul ngaran tempat (Toponimi) sa-Kota Sukabumi 2008) #Parang Posisi pekakas Parang dalam masyarakat Sunda, adalah sebagai alat utama yang digunakan ketika “Nyacar” atau membersihkan tempat dari ilalang yang akan digunakan untuk bercocok tanam di ladang (ngahuma) hal ini dengan masyarakat Sunda yang tidak mengenal sistem bercocok tanam di sawah. Namun kemudian setelah ada sistem bersawah. Parang digunakan dalam “ngababad galengan”. Itinya sama, yaitu membersihkan. Jelaslah, bahwa pilihan kata parang sangat mewakili ungkapan perasaan masyarakat Sunda pada masa itu, karena parang adalah alat pekakas yang sangan dekat dengan kehidupan sehari-hari masyakat Sunda. KEPATIHAN GUNUNGPARANG Pada masa Bupati Cianjur Aria Wiratanudatar VI, tepatnya pada tahun 1776, Distrik Gunungparang diangkat menjadi Kepatihan Gunungparang dengan pusat kotanya di Cikole. Pada masa itu, Distrik disebut juga Kacutakan yang dipimpin oleh kepala Cutak. Kepala Cutak ini bertanggungjawab langsung kepada Bupati yang sebelumnya telah melalui Patih (Wakil Bupati). Pada tahun 1849 gelar Kepala Cutak diganti menjadi Wadana. Wadana membawahi Camat atau disebut juga Asisten Wadana. Camat atau Asisten Wadana membawahi Lurah (kepala desa). Sebelumnya, pemilihan untuk menjadi Lurah, biasanya diangkat langsung oleh Bupati, seperti halnya Wadana dan Camat. Namun, mulai tahun 1815 terjadi perubahan dalam sistem yaitu, Lurah dipilih langsung oleh masyarakatnya. Ketika sudah terpilih, barulah ditetapkan oleh Bupati. Kepatihan Gunungparang berlangsung selama 145 tahun, dari tahun 1776 sampai tahun 1921. Nama SD Gunungparang dan Pakujajar hanyalah sebuah ciri atau petanda saja. Dalam bahasa kang Nendi. Nama sudah bias mewakili keberadaan pisiknya. Jika keberadaan Tipar dan baros dikaitkan sebagai bagian distrik Gunungparang, itu mungkin namun kecil kemungkinan, karena perkembangan Tipar tidak terlepas dari pembangunan rel kereta api. Sedangkan Baros tidak terlepas dari Gunungarca. Karena Kp Baros yang sebenarnya berada di tutugan Gunung Arca yang termasuk ke Kab Sukabumi sebelah selatan Kec Baros melintasi Sungai Cimandiri. Sementara dari catatan sejarah, Tipar dan Baros bukan sebagai tempat dimana Sukabumi Gementee ini berkembang. Agung sepakat. Perkembangan pembangunan perkotaan di Indonesia terbagi tiga tahap, diantaranya pembangunan -pra-1600 atau tahap pra-kolonial, kolonial fase 1600-1950,dan fase pasca-kolonial dari tahun 1950 dan seterusnya. Dalam fase pra-kolonial ibukota menjadi pusat perkotaan dan pusat-pusat keagamaan bagi feudal atau negara maritim yang berkembang pada waktu yang berbeda di berbagai belahan kepulauan (Wheatley 1969; Reed 1976:14-27). Karena jika ingin mengetahui perkembangan Sukabumi akan lebih mudah jika dibagian utara jalan kereta api. Disanalah peradaban Sukabumi. Seperti yang diungkapkan Donald W. Mctaggart dalam bukunya Land-Use In Sukabumi, Jawa Barat; Perssistence And Change. Diungkapkan juga mengenai daerah Kota Praja Sukabumi yang terbagi ke dalam 3 zona wilayah. 1) zona Erofa berada di utara sebagai pemerintah & penguasa. 2) Zona China berada di tengah (Jl. Ciwangi, Jl. Jend Ahmad Yani, Jl. Palabuhan) sebagai penggerak ekonomi. (berada ditengah agar mudah dikontrol terutama dalam pemungutan pajak). Sedangkan 3) Zona masyarakat pribumi berada di selatan rel statsion kereta sebagai tanda pemisah dan penghubung sosial. Dalam perkembangannya, diakhir abad Sembilan belas sistem colonial Belanda, di Indonesia bermunculan serangkaian kota-kota yang berfungsi sebagai jaringan politik dan ekonomi untuk menjaga kekuasaan Belanda. Pada abad delapan belas Sukabumi termasuk kedalam Residen Priangan dibawah pemerintahan Belanda. Pada waktu itu, dengan tujuan untuk menambah uang kas daerah. Belanda mengembangkan lahan di Sukabumi untuk ditanami palawija seperti teh dan kopi. Seiring dengan meningkatnya produksi téh dari tahun 1869-1890. Mengdorong pemerintah Hindia Belanda untuk kemudian membangun jalur kereta api, yang dapat menghubungkan daerah penghasil kebutuhan Kolonial dengan pelabuhan di pantai utara. Kemudian pada bulan maret 1864, sebuah konsesi diberikan kepada Perusahaan Kereta Api India Netdelands. Melalui sebuah perusahaan swasta De Nederlandsch Indische Spoor-weg Maatschappij (N.I.S.M.), dengan surat Keputusan Pemerintah tanggal 27 Ma ret 1864 No. 1, "NJ.S.M." diberikan konsesi untuk mengeksplotasi jalur kereta api Jakarta – Bogor. Pemasangan rel K.A. Jakarta-Bogor diserahkan kepada insinyur kepala J.P. de Bordes yang mengalami banyak kesu¬litan. Berbeda dengan pembangun¬an "Jalan Pos" di Jaman Deandels dengan mudah mengerahkan pekerja rodi, pemasangan rel Jakarta-Bogor Justru kesulitan mendapatkan tenaga pekerja bebas, bukan rodi (kerja paksa). Apalagi sejak tahun 1860, "perbudakan" telah dihapuskan dari wilayah Hindia Belanda, sehingga tak mudah mendapatkan "kuli" murah. Sedangkan orang "bumi-putera" (sinonim dari "pribumi") di Priangan, tidak tertarik untuk bekerja di proyek pembangunan jalur kereta ini. Maka untuk memenuhi tenaga pekerja yang dibutuhkan, dikerahkanlah orang-orang "perantaian" yang terdiri dari para penjahat yang dibui atau mereka yang terkena hukuman "kerja paksa". Tahun 1872 kereta api Jakarta - Bogor sepanjang 50 km telah selesai dikerjakan dan dibuka untuk umum pada tanggal 31 Januari 1873. Tujuh tahun kemudian, dengan perusahaan yang sama. Belanda kembali membangun jalur kereta api, dengan tujuan menghubungkan daerah komoditas penghasil rempah-rempah dengan pelabuhan dipantai utara. Pada tanggal 2 oktober tahun 1881 dibangunlah jalur kereta api sepanjang 27km dari Bogor menuju Cicurug, dengan melewati halte. Setahun kemudian, tepatnya pada tanggal 12 maret 1882, pembangunan jalur kereta api dilanjutkan untuk menghubungkan Cicurug - Sukabumi. Melalui statsion Cicurug - Parungkuda - Cibadak - Karangtengah. Kemudian pada tanggal 10 Mei 1883, jalur kereta api menghubungkan Sukabumi – Cianjur (39km). Berselang satu tahun, tepatnya tanggal 17 Mei 1884 sebuah jalur kerta api telah menghubungkan Cianjur – Bandung(60km)-cicalengka (27km). Diakhir abad kesembilan belas. Kolonial belanda membangun serangkaian kota-kota yang berfungsi sebagai jaringan ekonimi dan politik, termasuk Sukabumi. Dalam perkembangannya, sukabumi menjadi tempat bermukim masyarakat erofa. Tidak lama kemudian, setelah dikeluarkannya keputusan Agraria pada tahun 1870 diperkenalkan kebijakan ekonomi. Dua tahun kemudian, yaitu pada tahun 1872 Belanda memperbolehkan sebagian lahan di Sukabumi untuk dijadikan pemukiman masarakat Cina. Pada awal abad ke dua puluh sukabumi menjadi pusat komersial yang paling penting di seluruh pulau jawa dengan adanya perkebunan karet. Banyaknya penduduk masyarakat erofa yang bermukim di Sukabumi menjadikan daerah ini berstatus Kotamadya pada tahun 1914 (Cobban 1971:117; Tan Giok Lan 1963:17). Penduduk Sukabumi sebagaimana dicatat pada tiga kurun waktu yang berbeda, 1905, 1930, dan 1956. Meskipun masyarakat Eropa dan Cina bukan mayoritas, namun mereka sangat berpengaruh dalam pembentukan pola kota. Jalur kereta api melintasi dari barat ke timur, membelah kota menjadi dua bagian atas dan bawah. Pusat perdagangan Cina berada di sebelah utara rel kereta api, dan konsentrasi utama gedung administrasi, sepanjang dengan rumah sakit. Di tempat yang lebih tinggi menyebarkan Belanda bungalo tempat tinggal, banyak situs yang telah memerintah dilihat atas tanah rendah di selatan. Pada tahun 1920-an sebuah akademi kepolisian dibangun di sebuah situs di bagian paling atas kota. Sejak Sukabumi menjadi tempat yang menarik untuk orang Eropa, dengan cepat layanan dikembangkan sesuai dengan kehadiran mereka. Beberapa misi dan gereja membuat tempat mereka, dan beberapa sekolah dimulai untuk melayani keluarga ekspatriat. Sejumlah Hotel-hotel dibangun untuk mengakomodasi wisatawan. Pada 1930 jumlah Eropa telah mencapai lebih dari 2.200, setara dengan lebih dari enam dan setengah persen dari total penduduk kota. Kota ini tidak rusak berat selama Perang Dunia Kedua. Para penduduk Eropa dihapus, tetapi beberapa kembali sesudahnya. Mengakibatkan kerusakan lebih dari masa perjuangan untuk kemerdekaan, 1945-1949. Beberapa bangunan besar di kota, termasuk beberapa hotel yang paling penting, hancur. Dalammata pemerintah Indonesia yang baru pada awal tahun 1950-an Sukabumi dianggap kurang penting daripada itu selama periode Belanda. Itu tidak diberikan status kota lagi sampai 1957, sejak penduduk tidak cukup besar untuk memenuhi syarat sesuai dengan criteria pertama kali digunakan oleh pihak berwenang Indonesia. Pada 1961 itu memiliki populasi dari 81.400, dan 1971 hampir 96.000 (Direktorat Tata Kota dan Daerah 1972: 21). Pemecahan etnis, sayangnya, tidak lagi tersedia, karena hanya menghitung adalah dengan kewarganegaraan. Ieu sababaraha judul Pantun Bogor, anu nyepengna Rakean Mindakalangan. panginten tiasa dianggo referensi kanggo ngaguar sajarah Sukabumi ti ngawitan ngadegna Pajajaran dugi ka runtagna pajajaran. 1. Ngadegna Nagara Pajajaran 2. Pakujajar Beukah Kembang 3. Pakujajar Di Lawang Gintung 4. Dadap Malang Sisi Cimandiri 5. Raja Pandita Baratmaya di Rancahmaya 6. Ronggeng Tujuh Kalasirna hatur nuhun kasadayana....hapunten kana sagala kakiranganana....Mangga Tambihan, mun aya nu lepat, Cowad bae.... Oh enya Hilap. ari nu ka emutan ku gung mah. saha jalmina nu masihan ngaran Sukabumi. Enya kitu Andris de Wilde. asa percaya teu percaya. percayana. kang Andries teh, jalmi anu jago basa Sunda-na, tug dugi ka tiasa ngadamel kamus Basa Sunda. Pan anjeuna pisan jalmi anu mimiti ngadamel Kamus Basa Sunda. dina taun 1841 medal De Nederduitsch-Maleischen en Soendasch Woordenboek (Kamus Basa Walanda-Malayu jeung Sunda) di Amsterdam. Éta téh jadi cicirén munggaran diakuna basa Sunda minangka basa nu mandiri, anu misah tina basa Jawa. mun enya teh, Urang mah era paradah ....Urang Sunda Kababayan ..... henteu percayana.....da teu aya bukti nu pasti .....

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget