Kamis, 26 Oktober 2017

Peran Guru Melek Teknologi Dalam Mempersiapkan Siswa Menjadi Digital Citizen Yang Baik

Perkembangan teknologi abad 21 menuntut semua elemen dalam dunia pendidikan untuk untuk memanfaatkan teknologi dalam segala aspek. Guru tidak luput dari pengaruh perkembangan teknologi khususnya Teknologi informasi dan komunikasi. Guru melek teknologi bukan hanya guru yang mampu menguasai perangkat teknologi informasi dengan fitur-fitur terbaru, guru melek teknologi adalah guru yang dapat memanfaatkan teknologi secara bijak. Memanfaatkan teknologi untuk kehidupan sehari-hari dan menerapkan konsep pemanfaatan teknologi dalam membimbing siswa belajar.

GURU MELEK TEKNOLOGI

Menjadi guru melek teknologi merupakan satu tantangan bagi sebagian besar guru di Indonesia, tidak semua guru memiliki latar belakang pendidikan teknologi, terutama teknologi yang baru dan terus berkembang di era digital sekarang.
Kriteria Guru Melek IT antara lain :

1. Melek Regulasi
Seorang guru harus mengetahui regulasi yang terkait dengan IT di bidang pendidikan. Guru harus memahami kebijakan pemerintah terkait penggunaan teknologi informasi untuk keperluan pendidikan, sehingga menjadi pedoman dalam pemanfaatan teknologi informasi dalam kegiatan belajar. Selain itu guru juga harus memahami undang-undang terkait teknologi informasi, misalnya Undang-Undang Nomor 11 tahun 2008 atau UU ITE yang mengatur tentang informasi serta transaksi elektronik, atau teknologi informasi secara umum.
undang-undang iteGambar 1. Ilustrasi UU ITE, Sumber : https://m.tempo.co/
2. Melek Perangkat Keras
Pertama yang harus dikuasai guru adalah perangkat yang digunakan apakah itu Komputer, laptop maumun smartphone. Melek perangkat keras meliputi pemahaman standar tentang penggunaan perangkat keras, bagainama cara menghidupkan dan mematikan sesuai dengan perangkat yang digunakan. Selain itu guru juga harus menguasai troublesooting sederhana, misalnya bagaimana mengaktifkan atau menon-aktifkan volume, mengaktifkan atau menon-aktifkan tombol wifi, cara mereset perangkat. Guru juga harus menguasai bagaimana Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam pengunaan perangkat, misalnya jarak antara mata dan layar perangkat, posisi duduk dan posisi tubuh saat menggunakan perangkat, tata cara kerja menggunakan perangkat yang terhubung dengan sumber listrik.
teacher an gadget)Gambar 2. Perangkat Keras, Sumber : http://jacquimurray.net
3. Melek Perangkat Lunak
Melek perangkat Lunak meliputi pemanfaatan fitur-fitur standar yang terdapat pada perangkat yang digunakan. Misalnya jika guru menggunakan perangkat teknologi apapun jenisnya, guru harus menguasai sistem operasi dan fitur manajemen file. Pengenalan fitur standar sangat diperlukan terutama fitur manajemen file, karena fitur ini sangat bermanfaat untuk mengelola file-file yang digunakan guru dalam melaksanakan tugasnya sebagai seorang guru.
Sebagai ilustrasi seorang guru harus mengelompokkan file-file yang digunakan untuk pembelajaran dalam satu folder, sementara file-file yang digunakan untuk kepentingan lainnya dalam folder yang berbeda. Sering kali terjadi pada saat dibutuhkan sang guru tidak dapat menemukan file yang dibutuhkan karena tidak ingat di mana menyimpan file tersebut.
Guru harus dapat menggunakan aplikasi-aplikasi yang diperlukan untuk menunjang tugasnya sebagai guru, misalnya menguasai aplikasi pengolah kata untuk menyusun perangkat pembelajaran, menguasai aplikasi lembar sebar (spread sheet) untuk melakukan analisis penilaian hasil belajar, menguasai aplikasi presentasi untuk membeuat media pembelajaran. Aplikasi-aplikasi tersebut biasanya sudah terpasang/terinstall apada saat kita membeli komputer atau laptop. Disarankan memberi versi yang original dari penyedia aplikasi tersebut atau menggunakan aplikasi berbasis open source.
Selain aplikasi standar yang digunakan untuk menunjang tugasnya sebagai guru, guru juga harus dapat mengekspolrasi kemampuannya untuk mempelajari aplikasi-aplikasi lain seperti aplikasi desain grafis, aplikasi multimedia, aplikasi internet, aplikasi game, dan aplikasi pemrograman.
apps-phone-tabletGambar 3. Aplikasi pada perangkat IT, Sumber : https://globaldigitalcitizen.org
4. Melek internet
Pembelajaran abad 21 menuntut guru untuk selain menguasai perangkat teknologi juga dapat menguasai internet. Era digitalisasi tidak dapat lepas dari peran internet sebagai salah satu sumber informasi rujukan selain sumber informasi berbentuk fisik. Penguasaan guru terhadap internet meliputi keterampilan dasar menggunakan internet untuk mencari informasi berupa referensi bahan ajar, mencari soal-soal, mencari buku pelejaran, dan lain-lain.
Pemanfaatan intenet tidak hanya sekedar digunakan untuk mencari informasi menggunakan search engine, guru juga harus mampu menggunakan fasilitas surat menyurat seperti email, memanfaat media media sosial, memanfaatkan dan pembelajan berbasi digital class yang dapat diakses oleh siswakapan saja dan di mana saja. Guru juga sedapatnya memiliki dan mengelola sendiri blog/web yang dapat digunakan sebagai media literasi guru untuk menulis baik itu bahan ajar ataupun artikel selain bahan ajar.
teacher and internetGambar 4. Guru dan Internet, Sumber : http://www.educativa.com

Tidak ada komentar:

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget