Minggu, 27 Januari 2013

TAK ADA SATUPUN TEKNOLOGI YANG BISA MENGGANTIKAN GURU


Peranan guru sampai kapan pun tidak akan bisa digantikan, bahkan oleh teknologi secanggih apapun. Menurut Gubernur Nusa Tenggara Timur Frans Lebu Raya, guru tetap diperlukan dan dibutuhkan untuk memberikan pendampingan kepada anak-anak didik menuju suatu kemandirian. "Secanggih apapun teknologi, tidak bisa menggantikan peran guru dalam hubungan personal dengan anak didik. Di tangan para guru terletak nasib anak-anak penerus kehidupan bangsa," kata Frans Lebu Raya.


Guru pun dituntut untuk selalu mengikuti perkembangan terkini, hingga kualitas sumbe daya pengajar tidak tertinggal dengan laju teknologi. Pasalnya masyarakat menaruh harapan besar pada guru sebagai penentu kualitas sumber daya manusia di sebuah daerah. Dari banyaknya penentu kualitas SDM bangsa, Frans tetap yakin guru adalah yang terpenting. "Para guru tentu harus terus menerus membenahi diri menghadapi perkembangan saat ini karena masyarakat selalu memberi harapan pada guru untuk menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas," tuturnya.

Profesi ini pun makin diminati masyarakat karena kehadiran program sertifikasi, yang menempatkan kedudukan guru lebih terhormat dan berharga. Sertifikasi akan meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dan kesejahtaraan bagi para tenaga pendidik, dengan mekanisme dan beban kerja yang berbeda, sebelum mendapatkan sertifikasi sebagai guru yang profesional. (KF-EDU/WEP/Antara)

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget