SUKABUMI – Sejak persiapan menghadapi
Pemilukada 2013 Kota Sukabumi dimulai. Sosialisasi ke masyarakat yang
dilakukan sejumlah bakal calon Kepala Daerah Kota Sukabumi 2013-2018,
tidak hanya dilakukan melalui cara-cara lama yakni pemasangan baliho,
stiker dan atribut lainnya.
Sosialisasi lewat dunia maya (dumay)
seperti akun group Facebook (FB), blog dan twitter, kini mulai
digandrungi oleh sejumlah bakal calon melalui kreasi tim suksesnya
masing-masing. Dari pantuan Radar, kandidat yang sudah melakukan
sosialisasi lewat FB antara lain, Andri Hamami, M Muraz, Mulyono, Ahmad
Fahmi, Yeyet Hudayat, Samsizar dan lainnya.
Tim pemenang atau para figur ini
membuat grup di FB dengan nama bernuansa ajakan untuk memilih figur
bersangkutan. Hingga tadi malam, setidaknya grup-grup para kandidat itu
sudah memiliki anggota ratusan bahkan ribuan. Misalnya Grup ‘Mulyono
Menuju Kota Sukabumi Penuh Barokah’ memiliki 2.322 anggota. Grup ‘Doa
untuk Haji Muraz Menuju F1′ memiliki 514 anggota.
Grup Andri S Hamami Membawa Amanah
Rakyat Menuju Balaikota memiliki 3.608. Ada pula grup ‘Dukung Andri
Hamami-Achmad Fahmi (AA) Menuju Balaikota Sukabumi memiliki 3.808
anggota. Sedangkan Yeyet Hudayat mensosialisasikan diri melalui Blog
bernama ‘yeyetforsukabumi’.
Dari sejumlah bakal calon kepala daerah
tersebut, masing-masing ada yang memiliki sedikitnya dua sampai tiga
grup FB. Bahkan, di salah satu akun group FB ada akun FB yang memaketkan
pasangan Andri Hamami dan Achmad Fahmi. Dan tidak hanya foto kandidat
yang dipasang di akun FB masing-masing, kata-kata ajakan dukungan
berikut tagline visi-misi juga ada.
Praktisi Komunikasi Sukabumi Yayasan
Restverso, Isro Yanuar Giu mengatakan, jika tujuannya untuk sosialisasi
dan popularitas, sosialisasi lewat dunia maya bisa jadi media yang mudah
dan murah. Akan tetapi, jika targetnya untuk elektabilitas, maka kata
Isro harus dianalisa terlebih dahulu. “Jika hasil analisa faktor
menentukan memilih itu adalah orang terdekat, maka media jejaring sosial
itu kurang efektif,” kata Isro kepada Radar, kemarin.
Menurutnya, berdasarkan data
web.sosialbaker. Penguna FB di Indonesia mencapai 42.272.040 dengan
menempati peringkat ke 4 dunia. Dari para penguna FB itu, dominan
merupakan anak muda. “Saya sendiri belum tahu persis berapa user
(penguna) facebook di Sukabumi. Tapi kalau penasaran bisa dikalkulasikan
saja dengan data jumlah user di Indonesia,”terangnya.
Kendati dianggap media sosialisasi yang
murah dan efektif. Namun Isro tetap berpendapat jika sampai hari ini
yang paling efektif meningkatkan popularitas dan elektabilitas, adalah
bertemu langsung dengan pemilih. “Ya mungkin sosialisasi lewat facebook
untuk pemilih pemula yang kebanyakan anak muda yang hobi facebook bisa
cukup mempengaruhi,” pungkasnya.(wan)
Short URL: http://radarsukabumi.com/?p=11246
Tidak ada komentar:
Posting Komentar