Rencanan
Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP) Tematik
Nama Sekolah :
Kelas / Semester : 2 / 2
Tema : Lingkungan
Waktu : 4 minggu
Standar Kompetensi
B. Indonesia
Berbicara
- Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
- Menulis
- Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
Matematika
- Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
- Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.
IPA
- Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
- Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari
IPS
- Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
- Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
- Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
- Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.
Kompetensi Dasar
B.
Indonesia
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan
kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·
Menceritakan
kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·
Mendeskripsikan
tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·
Menyalin
puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.
Matematika
·
Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·
Melakukan
pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·
Melakukan
operasi bilangan campuran.
·
Mengelompokkan
bangun datar.
·
Mengenal
sudut bangun datar.
IPA
·
Mengidentifikasi
sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan
sekitar.
·
Mengidentifikasi
jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara
menghematnya.
·
Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam
kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·
Memberi
contoh bentuk kerjasama di
lingkungan tetangga.
SBK
·
Mengekpresikan
diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·
Mengekpresikan
diri dengan penampilan musik.
·
Berkreasi
dengan cat warna.
Tujuan
Pembelajaran**
B. Indonesia
·
Siswa
dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·
Siswa
dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya
dengan teman.
·
Siswa
dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·
Siswa
dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·
Siswa dapat melengkapi cerita tentang data
keluarga.
·
Siswa
dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda
baca dengan tepat.
·
Siswa
dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.
Matematika
·
Siswa
dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan
berulang.
·
Siswa
dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·
Siswa
dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·
Siswa
dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·
Siswa
dapat menentukan, menggambar bangun
datar dengan titik sudut, garis, sisi.
IPA
·
Siswa dapat mencari sumber bunyi
alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas,
sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·
Siswa
dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·
Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada
pagi, siang dan sore hari.
·
Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari
pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara
kedudukan matahari dengan baying-bayang.
IPS
·
Siswa
dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Siswa dapat memperagakan peran tentang diri
sendiri serta keluarga.
·
Siswa
dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Siswa
dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat
menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Siswa
dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·
Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
·
Siswa
dapat menjelaskan cara pembuatan cat
warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
v Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja
sama ( Cooperation )
Toleransi
( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )
Materi ajar (materi pokok)
- Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
- Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
- Mendeklamasikan puisi.
- Perkalian dan pembagian.
- Bangun datar dan unsure bangun datar.
- Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
- Menceritakan pengalaman.
- Lingkungan alam dan buatan.
- Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Metoda pembelajaran
- Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.
Langkah-langkah
A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur
tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
Pertemuan pertama (B. Indonesia,
Matematika, IPS). 3
x 35’.
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa
dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang secara lisan dan dituangkan dalam
tulisan.
F Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.
Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang suara dan
gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.
F Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya
melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering
digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.
Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika). 4 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan unsure cetak gambar / cetak
tinggi.
F Membaca dengan intonasi yang benar dengan
kecepatan, tentang cerita binatang.
F Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1
dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menirukan suara binatang dan gerakannya
kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan
huruf kapital.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1
– 3.
Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan perkalian dengan penjumlahan
berulang dari perkalian satu sampai tiga.
F Menyusun kalimat sederhana.
Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan
berulang dari perkalian satu sampai lima.
F Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang
benar secara seksama.
Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperagakan peran tentang diri sendiri
sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan sekitarnya.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.
F Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang
dibacanya.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang kegunaan
energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat
mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
F Menuliskan yang didiktekan guru dengan
tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
F Melalui penjelasan tentang pembagian
diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menjawab pertanyaan dari isi
cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
F Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang
sampai nol.
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia) 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5
F Menyusun kalimat sederhana.
Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK) 4x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat bersuara nyaring dengan
intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan
penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
F Membuat karya gambar cetak ekspresi dengan
berbagai motif imajinatif dari bahan alam.
Minggu ke 3
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian dan
penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa
dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengerjaan hitung campuran perkalian dan
pembagian.
F Melengkapi cerita tentang data keluarga
ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
F Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan
perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan
ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan energi yang sering
digunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
F Siswa membaca dengan bersuara tentang
membersihkan halaman serta mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai
dengan isi bacaan.
F Melalui penjelasan guru tentang pembagian
sampai 50
Pertemuan
keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meringkas bacaan, melengkapi kalimat yang
telah disediakan guru.
F Pembagian sebagai kebalikan
perkalian
F Siswa
mengerjakan soal cerita tentang
perkalian dan pembagian.
Pertemuan
kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan
bangun datar menurut bentuknya
F Siswa mengurutkan bangun datar menurut
ukurannya.
F Menulis kalimat yang didiktekan guru.
Pertemuan
keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan
sdengan bentuk puisi.
F Siswa mendeklamasikan puisi tersebut di
depan kelas.
F Dengan penjelasan guru tentang cara
pembuatan cat warna dan bahan alami.
F Siswa mendemontrasikannya pembuatan
cat warna.
Minggu ke 4
Pertemuan pertama
(Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
F Siswa menyimak penjelasan guru.
F Siswa menyebutkan unsur-unsur bangun
datar.
F Siswa menggambarkan jenis-jenis
bangun datar.
Pertemuan kedua (B.
Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
F Siswa membuat karangan pendek dengan
melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
F Siswa melanjutkan materi berikutnya yaitu
menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu.
F Siswa menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.
Pertemuan ketiga
(Matematika). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan materi
berikutnya.
F Siswa melaksanankan tugas yang diberikan
guru yaitu membuat bidang datar dengan ukuran yang ditentukan guru dengan
menggunakan alat bantu.
F Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar
kelas.
Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat
kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa menyalin kalimat dari huruf cetak ke
huruf tegak bersambung.
F Guru menugaskan siswa untuk mencari gambar
yang berhubungan dengan lingkungan alam dan buatan dari berbagai media cetak
untuk dibuat kliping.
F Pertemuan kelima (IPA). 2 x 35’
F Guru mengulas materi yang telah
disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
F Siswa dibawa guru ke luar kelas untuk
merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup.
F Siswa membuat laporan apa yang di
rasakannya.
Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§
Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara penggunaan cat warna yang
terbuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa mencoba membuat cetakan sederhana
dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa dapat membandingkan kualitas cat
warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan
menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui
pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik
secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir,
menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam
pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi
secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat
laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual
maupun kelompok;
§ Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang
belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab
meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan dan penyimpulan
C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang
telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa
baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR
Alat dan sumber :
F Buku paket
F Alat peraga
F Media cetak
F Media elektronik
F Lingkungan sekitar
F Kreatifitas guru
Penilaian
Penilaian dilaksanakan
selama proses dan sesudah pembelajaran
Indikator Pencapaian
Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Contoh
Instrumen
|
|
B. Indonesia
·
Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·
Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya,
dengan pilihan kata runtut.
·
Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan
oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·
Menceritakan kembali cerita yang didengar
menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan
kata yang tepat.
·
Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama
anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·
Menyalin kalimat cetak menjadi tegak
bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan.
·
Menulis karangan sederhana tentang kesukaan /
ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Matematika
·
Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Menghitung secara cepat perkalian dan
pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut
bentuknya.
·
Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·
Menentukan unsure bangun datar yaitu titik
sudut, garis, sisi.
·
Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu
sudut.
·
Menggambar dan membuat bangun persegi,
segitiga, segi empat, persegi
panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui
alat rumah tangga.
·
Mencari contoh alat rumah tangga yang
menggunakan energi.
·
Memberi contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Memberi alasan penggunaan jenis energi
listrik.
·
Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang
dan sore hari.
·
Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
·
Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·
Menceritakan keadaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
·
Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga
lingkungan alam di sekitar kita.
·
Menceritakan pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
SBK
·
Membuat
karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai motif imajinatif.
·
Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan
berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang
benar.
·
Mengatur
komposisi ukuran bahan dan
alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·
Mendemontrasikan
cara pembuatan cat warna
dari bahan alam dan buatan.
|
tertulis,
lisan, perbuatan
|
isian,essay,
skala sikap, portofolio
|
B. Indonesia
·
Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara
binatang tertentu.
·
Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang
secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya,
dengan pilihan kata runtut.
·
Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh
seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.
·
Ceritakan kembali cerita yang didengar
menggunakan kata-kata sendiri.
·
Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan
kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·
Jelaskanlah cerita tentang data keluarga
dengan kata yang tepat.
·
Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama
anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·
Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak
bersambung sebanyak 5 kalimat.
·
Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah
disediakan.
·
Tuliskanlah karangan sederhana tentang
kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Matematika
·
Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan
berbagai cara.
·
Hitungkanlah secara cepat perkalian dan
pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut
bentuknya.
·
Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.
·
Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik
sudut, garis, sisi.
·
Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu
sudut.
·
Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun
persegi, segitiga, segi empat,
persegi panjang dengan menunjukkan sudut.
IPA
·
Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya
melalui alat rumah tangga.
·
Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang
menggunakan energi.
·
Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering
digunakan sehari-hari.
·
Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi
listrik.
·
Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan
sore hari.
·
Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan
sore hari.
·
Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan
matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·
Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari
dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·
Ceritakan pengalaman diri sendiri dan
keluarga.
·
Peragakan peran tentang diri sendiri.
·
Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan
di sekitar rumah.
·
Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga
lingkungan alam di sekitar kita.
·
Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan
di sekitar rumah.
SBK
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi
dengan berbagai motif imajinatif.
·
Jelaskanlah
karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara memainkan alat musik
ritmis dengan cara yang benar.
·
Jelaskanlah
cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·
Jelaskanlah
cara pembuatan cat warna
dari bahan alam dan buatan.
|
Kriteria Penilaian
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
|
Konsep
|
*
semua benar
*
sebagian besar benar
*
sebagian kecil benar
* semua salah
|
4
3
2
1
|
2. Performansi
No.
|
Aspek
|
Kriteria
|
Skor
|
1.
2.
|
Kerjasama
Partisipasi
|
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama
* aktif
berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
|
4
2
1
4
2
1
|
3. Lembar Penilaian
No
|
Nama Siswa
|
Performan
|
Produk
|
Jumlah Skor
|
Nilai
|
|
Kerjasama
|
Partisipasi
|
|||||
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
|
|
|
|
|
|
CATATAN :
Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal
) X 10.
Mengetahui
Kepala Sekolah
NIP/NIK : -
|
PPAI Kec.
NIP.
|
,……… 2011
Guru Tematik Kelas
II
NIP/NIK : -
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar