Senin, 14 Mei 2012

Lingkungan


Rencanan Pelaksanaan Pembelajaran
(RPP)  Tematik

Nama Sekolah     :   
Kelas / Semester  :  2 / 2
Tema                    :  Lingkungan
Waktu                  :  4 minggu

 

Standar Kompetensi

      B. Indonesia

      Berbicara
  • Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
  • Menulis
  • Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.

Matematika

  • Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
  • Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana.

IPA

  • Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
  • Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

IPS

  • Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga.
SBK
  • Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
  • Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
  • Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung.

Kompetensi Dasar
      B. Indonesia
·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·        Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·        Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·        Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi.

Matematika

·        Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·        Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·        Melakukan operasi bilangan campuran.
·        Mengelompokkan bangun datar.
·        Mengenal sudut bangun datar.

IPA

·        Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·        Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·        Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·        Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari.
IPS
·        Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·        Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga.

SBK

·        Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·        Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·        Berkreasi dengan cat warna.
Tujuan Pembelajaran**
      B. Indonesia
·        Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·        Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
·        Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·        Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·        Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
·        Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·        Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia.

Matematika

·        Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
·        Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·        Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·        Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·        Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi.

IPA

·        Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·        Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·        Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·        Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang.

IPS

·        Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·        Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
·        Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·        Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

·        Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·        Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
·        Siswa dapat menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.

v  Karakter siswa yang diharapkan : Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )

Materi ajar (materi pokok)

  • Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
  • Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
  • Mendeklamasikan puisi.
  • Perkalian dan pembagian.
  • Bangun datar dan unsure bangun datar.
  • Sumber panas dan energi serta kegunaannya.
  • Menceritakan pengalaman.
  • Lingkungan alam dan buatan.
  • Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.

Metoda pembelajaran

  • Demontrasi, latihan, ceramah, pemberian tugas, tanya jawab.

Langkah-langkah

A. Kegiatan awal
Apresepsi/ Motivasi :
merapikan siswa, berbaris dan berdo,a, mengatur tempat duduk, mengabsen.
tes awal pelajaran.
B. Kegiatan inti
Minggu ke I
        Pertemuan pertama (B. Indonesia, Matematika, IPS).  3 x 35’.
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan guru diharapkan siswa dapat menjelaskan cirri tumbuhan dan binatang secara lisan dan dituangkan dalam tulisan.
F Mengingat fakta perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dengan bercerita.

Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika).  4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Dengan penjelasan tentang suara dan gerakan binatang siswa dapat menirukannya dengan riang dan gembira.
F Menjelaskan perkalian dengan penjumlahan berulang.
 
Pertemuan ketiga (B. Indonesia, Matematika, IPA). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengungkapkan cirri tumbuhan dan hewan serta tempat hidupnya melalui bacaan atau cerita yang tersedia.
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mengerti dan paham serta dapat menyebutkan sumber bunyi, energi yang sering digunakan, sumber energi di lingkungan sekitar.

Pertemuan keempat (SBK, B. Indonesia, Matematika).  4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menjelaskan unsure cetak gambar / cetak tinggi.
F Membaca dengan intonasi yang benar dengan kecepatan, tentang cerita binatang.
F Menjawab pertanyaan sesuai isi cerita.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1 dan 2
.
Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Menirukan suara binatang dan gerakannya kemudian dituangkan ke dalam tulisan tegak bersambung dan tidak lupa penggunaan huruf kapital.
F Mendemontrasikan hitung perkalian 1 – 3.

Pertemuan keenam (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai tiga.
F Menyusun kalimat sederhana.

Minggu ke 2
Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung perkalian dengan penjumlahan berulang dari perkalian satu sampai lima.
F Membaca sebuah cerita dengan pelafalan dan intonasi yang benar secara seksama.

Pertemuan kedua (IPS, Matematika, B. Indonesia).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Memperagakan peran tentang diri sendiri sebagai makhluk social yang memerlukan lingkungan sekitarnya.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa mampu mengungkapkan dan hafal hitung perkalian.
F Menjawab pertanyaan yang sesuai dengan isi cerita yang dibacanya.
 
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Melalui penjelasan guru tentang kegunaan energi, baik itu energi bunyi, panas dan energi listrik diharapkan siswa dapat mengungkapkan alasan yang tepat tentang penggunaan energi tersebut.
F Menuliskan yang didiktekan guru dengan tulisan tegak bersambung yang baik dan benar.
F Melalui penjelasan tentang pembagian diharapkan akan lebih memahami tekhnik pembagian dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.
 
Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika).  3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca dan menjawab pertanyaan dari isi cerita kemudain dituangkan kedalam tulisan dengan bentuk karangan pendek.
F Mengerjakan hitung pembagian dengan pengurangan berulang sampai nol.
 
Pertemuan Kelima (Matematika B. Indonesia)  2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian satu sampai 5
F Menyusun kalimat sederhana.

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK)  4x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Membaca kalimat bersuara nyaring dengan intonasi yang benar kemudain di tulis dengan menggunakan huruf sambung dan penerapan penggunaan huruf besar dan tanda baca.
F Membuat karya gambar cetak ekspresi dengan berbagai motif imajinatif dari bahan alam.

Minggu ke 3

Pertemuan pertama (Matematika, B. Indonesia) 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Mengerjakan hitung pembagian dan penerapannya dalam kegiatan sehari-hari.
F Melalui penjelasan guru diharapkan siswa dapat membaca cerita dengan bantuan gambar.
 
Pertemuan kedua (Matematika, B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Pengerjaan hitung campuran perkalian dan pembagian.
F Melengkapi cerita tentang data keluarga ditulis menggunakan huruf kapital dan tanda baca yang benar.
F Dari penjelasan guru, diharapkan siswa dapat menyebutkan perbedaan lingkungan alam dan buatan di sekitar lingkungan rumah.
Pertemuan ketiga (IPA, B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan energi yang sering digunakan sehari-hari serta memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
F Siswa membaca dengan bersuara tentang membersihkan halaman serta mengajukan dan menjawab pertanyaan sesuai dengan isi bacaan.
F Melalui penjelasan guru tentang pembagian sampai 50

Pertemuan keempat (B. Indonesia, Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Meringkas bacaan, melengkapi kalimat yang telah disediakan guru.
F Pembagian sebagai kebalikan perkalian
F Siswa mengerjakan soal cerita tentang perkalian dan pembagian.

Pertemuan kelima (Matematika, B. Indonesia). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan bangun datar, siswa mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya
F Siswa mengurutkan bangun datar menurut ukurannya.
F Menulis kalimat yang didiktekan guru.

Pertemuan keenam (B. Indonesia, SBK). 4 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk menyusun sebuah karangan sdengan bentuk puisi.
F Siswa mendeklamasikan puisi tersebut di depan kelas.
F Dengan penjelasan guru tentang cara pembuatan cat warna dan bahan alami.
F Siswa mendemontrasikannya pembuatan cat warna.

Minggu ke 4
Pertemuan pertama (Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan tentang sudut dan bangun datar
F Siswa menyimak penjelasan guru.
F Siswa menyebutkan unsur-unsur bangun datar.
F Siswa menggambarkan jenis-jenis bangun datar.

Pertemuan kedua (B. Indonesia, Matematika, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat karangan pendek.
F Siswa membuat karangan pendek dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
F Siswa melanjutkan materi berikutnya yaitu menggambar dan membuat bangun datar dengan ukuran tertentu.
F Siswa menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar baik di rumah maupun di sekolah secara lisan ataupun tulisan.

Pertemuan ketiga (Matematika). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk melanjutkan materi berikutnya.
F Siswa melaksanankan tugas yang diberikan guru yaitu membuat bidang datar dengan ukuran yang ditentukan guru dengan menggunakan alat bantu.
F Siswa menyebutkan benda yang termasuk banmgun datar di sekitar kelas.

Pertemuan keempat (B. Indonesia, IPS). 3 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menugaskan siswa untuk membuat kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa membuat kalimat berdasarkan gambar.
F Siswa menyalin kalimat dari huruf cetak ke huruf tegak bersambung.
F Guru menugaskan siswa untuk mencari gambar yang berhubungan dengan lingkungan alam dan buatan dari berbagai media cetak untuk dibuat kliping.
F Pertemuan kelima (IPA). 2 x 35’
F Guru mengulas materi yang telah disampaikan dan menyampaikan materi berikutnya.
F Siswa dibawa guru ke luar kelas untuk merasakan lanmgsung pengaruh panas dan cahaya matahari terhadap makhluk hidup.
F Siswa membuat laporan apa yang di rasakannya.

Pertemuan keenam (SBK). 2 x 35’
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
F Guru menjelaskan cara penggunaan cat warna yang terbuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa mencoba membuat cetakan sederhana dengan menggunakan cat warna yang telah dibuat dari bahan alam atau buatan.
F Siswa dapat membandingkan kualitas cat warna yang dibuat dari bahan alam dan bahan buatan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F membiasakan peserta didik membaca dan menulis yang beragam melalui tugas-tugas tertentu yang bermakna;
F memfasilitasi peserta didik melalui pemberian tugas, diskusi, dan lain-lain untuk memunculkan gagasan baru baik secara lisan maupun tertulis;
F memberi kesempatan untuk berpikir, menganalisis, menyelesaikan masalah, dan bertindak tanpa rasa takut;
F memfasilitasi peserta didik dalam pembelajaran kooperatif dan kolaboratif;
F memfasilitasi peserta didik berkompetisi secara sehat untuk meningkatkan prestasi belajar;
F memfasilitasi peserta didik membuat laporan eksplorasi yang dilakukan baik lisan maupun tertulis, secara individual maupun kelompok;
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

C. Kegiatan akhir
Dalam kegiatan akhir, guru:
F Mengadakan tanyajawab sekitar materi yang telah disampaikan.
F Memberikan penilaian hasil kerja siswa baik secara tertulis, lisan maupun perbuatan yang telah dilakukan siswa.
F Memberikan tugas atau PR

Alat dan sumber :

F Buku paket
F Alat peraga
F Media cetak
F Media elektronik
F Lingkungan sekitar
F Kreatifitas guru

 

Penilaian

Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran    
Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
 Instrumen
Contoh
Instrumen
B. Indonesia
·         Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·         Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·         Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·         Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·         Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·         Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·         Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·         Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·         Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·         Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·         Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·         Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·         Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·         Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·         Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·         Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·         Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·         Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·         Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

IPS

·         Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·         Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·         Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·         Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

·         Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·         Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·         Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·         Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·         Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.

tertulis, lisan, perbuatan

isian,essay, skala sikap, portofolio
B. Indonesia
·         Bagaimana cara Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·         Jelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·         Jelaskanlah cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·         Jelaskanlah pertanyaan tentang isi cerita.
·         Ceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·         Tuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·         Jelaskanlah cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·         Tuliskanlah nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·         Salinkanlah kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·         Tuliskanlah karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·         Tuliskanlah karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.

Matematika

·         Jelaskanlah pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Jelaskanlah pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·         Hitungkanlah secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·         Hitungkanlah bangun datar menurut ukurannya.
·         Tentukanlah unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·         Tentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·         Bagaimana cara Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut.

IPA

·         Sebutkanlah sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·         Sebutkanlah contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·         Sebutkanlah contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·         Jelaskanlah alasan penggunaan jenis energi listrik.
·         Ceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·         Bedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·         Ceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·         Jelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.

IPS

·         Ceritakan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·         Peragakan peran tentang diri sendiri.
·         Ceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·         Sebutkanlah contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·         Ceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.

SBK

·         Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·         Jelaskanlah karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·         Jelaskanlah  cara memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·         Jelaskanlah cara mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·         Jelaskanlah cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.





Kriteria Penilaian      
1. Produk ( hasil diskusi )
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.
Konsep
* semua benar
* sebagian besar benar
* sebagian kecil benar
* semua salah
4
3
2
1

2. Performansi
No.
Aspek
Kriteria
Skor
1.



2.
Kerjasama



Partisipasi
* bekerjasama
* kadang-kadang kerjasama
* tidak bekerjasama

* aktif  berpartisipasi
* kadang-kadang aktif
* tidak aktif
4
2
1

4
2
1

3. Lembar Penilaian
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah Skor
Nilai
Kerjasama
Partisipasi
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.









CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.

Mengetahui
Kepala Sekolah





NIP/NIK : -
PPAI Kec.






NIP.
,……… 2011         
Guru Tematik Kelas II





NIP/NIK : -

Tidak ada komentar:

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget