Senin, 14 Mei 2012

Lingkungan


SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK

SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2

TEMA: LINGKUNGAN


Standar
Kompetensi
Kompetensi Dasar
Materi Pokok dan Uraian Materi
Kegiatan Belajar
Indikator  Pencapaian Kompetensi 
Penilaian
Alokasi  Waktu
Sumber/ Bahan/ Alat
B. Indonesia :
Berbicara :
·     Mengungkapkan secara lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan benda dan bercerita.
Menulis :
·     Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di sekitar dan menyalin puisi anak.
B. Indonesia
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang mudah di pahami orang lain.
·     Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan dengan menggunakan kata-kata sendiri
·     Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana dengan bahasa tulis.
·     Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang rapi
·     Mendeskripsikan cirri tumbuhan dan hewan.
·     Cara penulisan huruf kapital yang sesuai/benar.
·     Mendeklamasikan puisi
·     Siswa dapat menirukan gerak dan suara binatang.
·     Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
·     Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan cerita.
·     Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
·     Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
·     Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·     Siswa dapat membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia
·     Menirukan gerak dan suara binatang tertentu.
·     Menjelaskan cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·     Mendeskripsikan cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·     Menjawab pertanyaan tentang isi cerita.
·     Menceritakan kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·     Menuliskan kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan binatang.
·     Melengkapi cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·     Menulis nama orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf kapital dan tanda baca.
·     Menyalin kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
·     Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita yang sudah disediakan.
·     Menulis karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi dan kecepatan tertentu.
Tertulis
Perbuatan
Lesan
4 minggu
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

Matematika

·     Bilangan : melakukan perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
·     Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana

Matematika

·     Melakukan perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·     Melakukan pembagian dua angka / bilangan dua angka.
·     Melakukan operasi bilangan campuran.
·     Mengelompokkan bangun datar.
·     Mengenal sudut bangun datar
·     Perkalian dan pembagian.
·     Bangun datar dan unsure bangun datar
·     Siswa dapat mengingat pakta perkalian dengan berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
·     Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan berbagai cara.
·     Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan pembagian
·     Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut bentuknya.
·     Siswa dapat menentukan, menggambar  bangun datar dengan titik sudut, garis, sisi
·     Mengingat pakta perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·     Mengingat pakta pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·     Menghitung secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan bilangan datar, menurut bentuknya.
·     Menggunakan bangun datar menurut ukurannya.
·     Menentukan unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·     Menentukan unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
·     Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga, segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPA

·     Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari dan kegunaannya.
·     Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan sehari-hari

 

IPA

·     Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di lingkungan sekitar.
·     Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan sekitar dan cara menghematnya.
·     Mengidentifikasi kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Mendeskripsikan kegunaan panas dan cahaya matahari  dalam kehidupan sehari-hari
·     Sumber panas dan energi serta kegunaannya
·     Siswa dapat mencari sumber  bunyi  alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas, sumber energi yang menghasilkan cahaya.
·     Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan jenis energi
·     Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang
·     Mencari sumber panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·     Mencari contoh alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·     Memberi contoh jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·     Memberi alasan penggunaan jenis energi listrik.
·     Menceritakan kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·     Membedakan panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·     Menceritakan adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang terbentuk.
·     Menjelaskan kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa

IPS

·     Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
IPS
·     Menceritakan pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
·     Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
·     Menceritakan pengalaman
·     Siswa dapat mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri serta keluarga.
·     Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·     Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
·     Mengungkapkan pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·     Memperagakan peran tentang diri sendiri.
·     Menceritakan keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·     Memberikan contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·     Menceritakan pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
SBK
·     Mengenal, mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya seni rupa.
·     Mengenal, menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan indrawi ke dalam karya musik.
·     Memahami nilai berkarya dan menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung

SBK

·     Mengekpresikan diri dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
·     Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
·     Berkreasi dengan cat warna
·     Membuat gambar cetak tinggi, seni musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
·         Siswa dapat membuat karya gambar cetak ekpresi.
·         Siswa dapat memainkan alat musik ritmis.
·         Siswa dapat menjelaskan  cara pembuatan cat warna dari bahan alam serta mendemontrasikannya.
·     Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·     Memnuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·     Memainkan alat musik ritmis dengan cara yang benar.
·     Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan cat warna dan bahan alam.
·    Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
Tertulis
Perbuatan
Lesan


Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
v  Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian ( Bravery )





Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….



( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………

……...., ………………… 20…        
Guru Tematik Kelas II



( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………

Tidak ada komentar:

Share

Komentar

Selamat Datang

1

2

3

Pengunjung

Flag Counter

SMS Gratis


Make Widget