SILABUS PEMBELAJARAN TEMATIK
SEKOLAH DASAR KELAS II SEMESTER 2
TEMA: LINGKUNGAN
Standar
Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pokok dan Uraian Materi
|
Kegiatan Belajar
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
B. Indonesia :
Berbicara :
· Mengungkapkan secara
lisan beberapa informasi dengan mendeskripsikan
benda dan bercerita.
Menulis :
·
Menulis permulan dengan mendeskripsikan benda di
sekitar dan menyalin puisi anak.
|
B. Indonesia
·
Mendeskripsikan tumbuhan
atau binatang di sekitar sesuai ciri-cirinya dengan menggunakan kalimat yang
mudah di pahami orang lain.
· Menceritakan kembali cerita anak yang didengarkan
dengan menggunakan kata-kata sendiri
· Mendeskripsikan tumbuhan atau binatang di sekitar secara sederhana
dengan bahasa tulis.
·
Menyalin puisi anak dengan huruf tegak bersambung yang
rapi
|
·
Mendeskripsikan
cirri tumbuhan dan hewan.
·
Cara penulisan
huruf kapital yang sesuai/benar.
·
Mendeklamasikan
puisi
|
· Siswa dapat
menirukan gerak dan suara binatang.
· Siswa dapat menjelaskan cirri binatang secara rinci
sehingga dapat mendeskripsikannya dengan teman.
· Siswa dapat menjawab pertanyaan sesuai dengan
cerita.
· Siswa dapat menuliskan yang didiktekan guru.
· Siswa dapat melengkapi cerita tentang data keluarga.
· Siswa dapat menulis dengan baik dan benar serta
penggunaan hurup kapital dan tanda baca dengan tepat.
·
Siswa dapat
membuat karangan sederhana dengan bantuan gambar yang tersedia
|
·
Menirukan gerak
dan suara binatang tertentu.
·
Menjelaskan
cirri-ciri tumbuhan dan binatang secara rinci baik itu nama-nama cirri
khasnya, suaranya, tempat hidupnya, dengan pilihan kata runtut.
·
Mendeskripsikan
cirri-ciri benda, tumbuhan oleh seorang teman dan teman lainnya menebaknya.
·
Menjawab
pertanyaan tentang isi cerita.
·
Menceritakan
kembali cerita yang didengar menggunakan kata-kata sendiri.
·
Menuliskan
kalimat yang didiktekan guru dengan kata yang berhubungan dengan tumbuhan dan
binatang.
·
Melengkapi
cerita tentang data keluarga dengan kata yang tepat.
·
Menulis nama
orang tua, pekerjaan dan nama anggota keluarga dengan menggunakan huruf
kapital dan tanda baca.
·
Menyalin
kalimat cetak menjadi tegak bersambung sebanyak 5 kalimat.
· Menulis karangan dengan melanjutkan sebuah cerita
yang sudah disediakan.
·
Menulis
karangan sederhana tentang kesukaan / ketidak sukaan dengan tulisan yang rapi
dan kecepatan tertentu.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
4 minggu
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
Matematika
· Bilangan : melakukan
perkalian dan pembagian bilangan sampai dua angka.
· Geometri : mengenal unsure bangun datar sederhana
|
Matematika
·
Melakukan
perkalian bilangan yang hasilnya bilangan dua angka.
·
Melakukan
pembagian dua angka / bilangan dua angka.
· Melakukan operasi bilangan campuran.
· Mengelompokkan bangun datar.
· Mengenal sudut bangun
datar
|
·
Perkalian dan
pembagian.
· Bangun datar dan unsure bangun datar
|
· Siswa dapat
mengingat pakta perkalian dengan
berbagai cara mulai dari penjumlahan berulang.
· Siswa dapat mengingat pakta pembagian dengan
berbagai cara.
· Siswa dapat menghitung secara cepat perkalian dan
pembagian
· Siswa dapat mengelompokkan bangun datar menurut
bentuknya.
·
Siswa dapat
menentukan, menggambar bangun datar
dengan titik sudut, garis, sisi
|
·
Mengingat pakta
perkalian sampai 50 dengan berbagai cara.
·
Mengingat pakta
pembagian sampai 50 dengan berbagai cara.
·
Menghitung
secara cepat perkalian dan pembagian bilangan sampai 50.mengelompokkan
bilangan datar, menurut bentuknya.
·
Menggunakan
bangun datar menurut ukurannya.
·
Menentukan
unsure bangun datar yaitu titik sudut, garis, sisi.
·
Menentukan
unsure-unsur bangun datar yaitu sudut.
· Menggambar dan membuat bangun persegi, segitiga,
segi empat, persegi panjang dengan menunjukkan sudut
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPA
· Mengenal berbagai sumber energi yang sering dijumpai dalam kehidupan
sehari-hari dan kegunaannya.
·
Memahami peristiwa alam dan pengaruh matahari dalam kehidupan
sehari-hari
|
IPA
· Mengidentifikasi sumber-sumber energi panas, listrik, cahaya dan bunyi yang ada di
lingkungan sekitar.
· Mengidentifikasi jenis energi yang paling sering digunakan di lingkungan
sekitar dan cara menghematnya.
· Mengidentifikasi
kenampakan matahari pada pagi, siang dan sore hari.
· Mendeskripsikan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari
|
·
Sumber panas dan energi serta kegunaannya
|
· Siswa dapat mencari sumber bunyi
alat yang menghasilkan bunyi, sumber energi yang menghasilkan panas,
sumber energi yang menghasilkan cahaya.
· Siswa dapat memberi alasan yang tepat tentang penggunaan
jenis energi
· Siswa dapat menjelaskan kedudukan matahari pada
pagi, siang dan sore hari.
· Siswa dapat menjelaskan perbedaan panas matahari
pada pagi, siang dan sore hari serta menjelaskan adanya hubungan antara
kedudukan matahari dengan baying-bayang
|
·
Mencari sumber
panas, bunyi dan cahaya melalui alat rumah tangga.
·
Mencari contoh
alat rumah tangga yang menggunakan energi.
·
Memberi contoh
jenis energi yang sering digunakan sehari-hari.
·
Memberi alasan
penggunaan jenis energi listrik.
·
Menceritakan
kedudukan matahari pagi, siang dan sore hari.
·
Membedakan
panas matahari pada pagi, siang dan sore hari.
·
Menceritakan
adanya hubungan antara kedudukan matahari dengan baying-bayang yang
terbentuk.
·
Menjelaskan
kegunaan panas dan cahaya matahari dalam kehidupan sehari-hari.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
IPS
·
Memahami kedudukan dan peran anggota dalam keluarga dan lingkungan tetangga
|
IPS
·
Menceritakan
pengalaman dalam melaksanakan peran dalam anggota keluarga.
· Memberi contoh bentuk kerjasama di lingkungan tetangga
|
·
Menceritakan
pengalaman
|
· Siswa dapat
mengungkapkan pengalaman diri sendiri
dan keluarga.
· Siswa dapat memperagakan peran tentang diri sendiri
serta keluarga.
· Siswa dapat menceritakan keadaan lingkungan alam dan
buatan di sekitar rumah.
· Siswa dapat memberikan contoh cara memelihara dan
menjaga lingkungan serta dapat menceritakannya dalam pengalaman membersihkan
lingkungan di sekitar rumah.
|
·
Mengungkapkan
pengalaman diri sendiri dan keluarga.
·
Memperagakan
peran tentang diri sendiri.
·
Menceritakan
keadaan lingkungan alam dan buatan di sekitar rumah.
·
Memberikan
contoh cara memelihara dan menjaga lingkungan alam di sekitar kita.
·
Menceritakan
pengalaman membersihkan lingkungan di sekitar rumah.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
SBK
·
Mengenal,
mengingat dan mengekpresikan unsure rupa dan perpaduannya melalui kepekaan
indrawi ke dalam karya seni rupa.
·
Mengenal,
menanggapi dan mengekpresikan unsure musik dan perpaduannya melalui kepekaan
indrawi ke dalam karya musik.
·
Memahami nilai berkarya dan
menyajikan proses pembuatan model benda yang terapung
|
SBK
· Mengekpresikan diri
dengan berekplorasi gagasan imajinatif dalam berkarya seni rupa.
· Mengekpresikan diri dengan penampilan musik.
· Berkreasi dengan cat warna
|
·
Membuat gambar cetak tinggi, seni
musik, pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
·
Siswa dapat membuat karya gambar cetak
ekpresi.
·
Siswa
dapat memainkan alat musik ritmis.
·
Siswa dapat menjelaskan cara pembuatan cat warna dari bahan alam
serta mendemontrasikannya.
|
·
Membuat karya gambar cetak ekpresi dengan berbagai motif imajinatif.
·
Memnuat karya
gambar cetak ekpresi dengan berbagai cetakan dari bahan alam.
·
Memainkan alat
musik ritmis dengan cara yang benar.
· Mengatur komposisi ukuran bahan dan alat pembuatan
cat warna dan bahan alam.
·
Mendemontrasikan cara pembuatan cat warna dari bahan alam dan buatan.
|
Tertulis
Perbuatan
Lesan
|
|
Buku tematik
kelas II Pengem-
bangan guru
Gambar Siswa
|
v Karakter siswa yang diharapkan: Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Toleransi ( Tolerance )
Percaya diri ( Confidence )
Keberanian
( Bravery )
|
|
|
|
Mengetahui
Kepala Sekolah SD/MI …….
( ………………..………… )
NIP/NIK : …………………
|
|
……...., ………………… 20…
Guru Tematik Kelas II
( …………………...……… )
NIP/NIK : …………………
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar